Jadwal PPG DalJab 2023 Angkatan I

0

PPG Dalam Jabatan (PPG DalJab) adalah program pengembangan profesional bagi guru yang sudah aktif mengajar di sekolah-sekolah di Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualifikasi guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa, serta meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Jadwal PPG Dalam Jabatan 2023 Angkatan I secara resmi diumumkan.


JADWAL PELAKSANAAN PPG DALAM JABATAN TAHUN 2023 ANGKATAN I 

1. Konfirmasi Kesediaan (secara daring di aplikasi SIMPKB) 12 – 17 April 2023 

2. Penetapan Calon Mahasiswa 19 April 2023 

3. Lapor Diri (secara daring di aplikasi masing-masing Perguruan Tinggi penyelenggara PPG) 27 April – 4 Mei 2023 

4. Orientasi Mahasiswa (daring) 8 Mei 2023 

5. Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan (daring) 9 Mei – 22 Juli 2023*) 

6. Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (UKMPPG) 24 – 30 Juli 2023**) 


Keterangan: 

*) Jadwal selengkapnya akan diinformasikan oleh masing-masing perguruan tinggi 

**) Jadwal dapat berubah dan akan diinformasikan pada surat edaran khusus pelaksanaan UKMPPG


Seleksi awal: Pendaftaran PPG DalJab dilakukan secara online dan dibuka dalam kurun waktu tertentu. Pendaftar akan dipilih berdasarkan kriteria tertentu, seperti prestasi akademik, pengalaman mengajar, dan tes seleksi yang telah ditetapkan.


Pra-Kuliah: Para peserta yang lolos seleksi awal akan mengikuti serangkaian persiapan pra-kuliah, yang mencakup pelatihan dan pengenalan tentang PPG DalJab.


Kuliah: Tahap kuliah merupakan tahap utama PPG DalJab, yang biasanya berlangsung selama beberapa bulan hingga setahun. Kuliah dilakukan secara online maupun tatap muka, dan mencakup materi-materi tentang kurikulum, metode pengajaran, evaluasi pembelajaran, dan lain sebagainya.


Praktik: Setelah menyelesaikan tahap kuliah, peserta akan melaksanakan praktik mengajar di sekolah-sekolah mitra. Peserta akan dibimbing oleh mentor dalam melaksanakan pembelajaran, dan juga akan dievaluasi untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya dalam mengajar.


Tugas Akhir: Setelah menyelesaikan praktik, peserta PPG DalJab harus menyelesaikan tugas akhir dalam bentuk makalah atau proyek, yang akan dievaluasi oleh dosen pembimbing.


Setelah menyelesaikan semua tahap tersebut, peserta akan diuji kompetensinya dan diberikan sertifikat keberhasilan. Dengan demikian, jadwal PPG Dalam Jabatan 2023 Angkatan I akan disesuaikan dengan tahap-tahap tersebut, dan akan diumumkan secara resmi oleh instansi yang terkait.

Tags

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)